Thursday, November 4, 2010

Koneksi Internet

A. Koneksi Dial-up
     Kelebihan:
  • Sekarang ini koneksi dial up sudah diintegrasikan ke semua laptop keluaran baru. 
  • Mudah dikoneksikan ke jaringan.
  • Menggunakan kabel telepon yang jangkauan koneksi ke server jauh.
  • Biasanya memberikan IP yang dinamis sehingga jika Anda ingin mengunduh banyak file dari internet dan kebetulan situs tersebut membatasinya melalui IP komputer, maka Anda bisa cabut dan masuk dial up-nya, dan otomatis IP Andaberubah.
     Kekurangan:
  • Koneksi dial up memerlukan saluran telepon biasa untuk tersambung ke internet sehingga memerlukan biaya tambahan untuk pulsa telepon dan biaya internet itu sendiri, 
  • Selain itu kecepatan max dia up terbatas pada 56 Kbps, 
  • Koneksi dial up tergolong mahal  apabila dibandingkan internet dengan menggunakan cdma. 
  • Gampang kena gangguan jika saluran telepon digabung dengan internet 
  • Sering terjadi noise
source: http://awandragon.blogspot.com/2010/10/kelebihan-dan-kekurangan-dial-up.html

B. Koneksi ADSL
    Kelebihan:
  • Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
  • Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan Internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga kita dapat berInternet tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.
      Kekurangan:
  • Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon kita dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses Internetnya.
  • Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL.
  • Adanya load coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah.
  • Adanya Bridged tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO. Bridged tap ini dapat menimbulkan noise yang mengganggu kinerja DSL.
  • Penggunaan fiber optic tidak sesuai dengan sistem ADSL yang masih menggunakan saluran analog yaitu kabel tembaga, sehingga akan sulit dalam pengiriman sinyal melalui fiber optic.
  • Kecepatan koneksi modem ADSL masih tergantung dengan jarak tiang Telkom atau DSLAM terdekat.

    C. Koneksi 3G
         Kelebihan: Perkembangan teknologi pita lebar bergerak menguntungkan baik untuk dunia bisnis,  pemerintahan maupun perorangan, karena semakin baru teknologinya semakin besar data yang dapat dikirimkan dalam waktu yang lebih singkat. Jenis data yang dapat dikirimkan juga menjadi lebih beragam, tidak hanya huruf dan angka, tetapi juga gambar diam, gambar bergerak, dan suara.
          Kekurangan: Disamping harganya lebih mahal, perlu diperhatikan aspek keamanannya dan aspek etika di dalam penggunaan teknologi yang baru. Peran ITU sangat penting di sini.Penyedia jasa layanan pita lebar bergerak harus membangun jaringan baru yang memerlukan investasi yang sangat besar.

    source: wikipedia

    D. Koneksi GPRS
         General Packet Radio Service adalah komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan      gelombang radio.
    GPRS dapat digunakan untuk:
    1. transfer data (dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS)
    2. penelusuran (browsing) internet.
    • Kecepatan mulai dari 56 kbps – 115 kbps
    source: http://vanissa-h.blogspot.com/

    E. Koneksi Wi-fi
        Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz. Wi-Fi memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

    Wifi, koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.

    source: http://toinfinitywitharocket.blogspot.com

        



    No comments:

    Post a Comment